video


Di sela-sela tidak membuat karya di jalan, aktivitas harus tetep berjalan. Selain mengerjakan urusan domestik, menyiapkan desain stencil dan kesibukan yang lainnya pada bulan januari dan febuari 2014, Pada 2 bulan terakhir buat saya menjadi peristiwa awalan tahun penting yang perlu di catat di mana tempat baru saya tinggal di pinggir kota jogja bersama istri saya. Salahsatu ruangan  beukuran 4x3 meter kurang lebihnya terbilang menjadi ruang impian kami untuk mengerjakan serta merealisasikan mimpi yang berkembang tentang masa depan dengan harapan-harapan perubahan yang saya jalani setelah saya memilih berkeluarga dan menata rumah tangga.

behind the #GUELUmerchandise

Pada akhir bulan januari saya mendapat kesempatan untuk membuat poster tentang karya video pendek Rifqi mansyur maya biasa disapa kiki, karya videonya berjudul #GUELUobrolan ngalor-ngidul berlangsung berkembang soal rencana membuat official merchandise dari film pendek GUELU (kikiretake, 2013). Produksi merchandaise ini berkaitan dengan moment pemutaran video tersebut yang berlangsung pada pertengahan bulan januari di kampus unair surabaya.
Di moment produksi merchandaisenya juga dibuat video dokumentasi pendek proses nyablon dari setiap desain yang di aplikasikan pada kaos, poster, totebag yang di cetak dengan jumlah terbatas akhirnya terealisasi dengan hasil yang membanggakan. 

Metode promosi sebuah produk dikemas melalui video dokumentasi ini terbilang salah satu dari yang lain cara bagaimana konsumen melihat sebuah merchandaise di produksi, walaupun selera penampilan berbeda-beda yang tidak hanya bergaya itu-itu saja.




behind the merchandasie indoprogres

masih dengan berbau aroma tinta sablonan cetak mencetak diatas kain dan kertas, di awal bulan febuari 2014 saya juga kedapetan ajakan untuk mengerjakan merchandaise INDOPROGRES. sebuah media berbasis online yang mendukung pegiat pengetahuan dan aktivis gerakan progresif, pada moment ini saya memeberi dukungan melalui membuat kaos dan totebag dari karya desain seniman Alit ambara. Peristiwa ini menjadi penting ketika keterlibatan proses diskusi sederhana dengan salahsatu pengelola website indoprogres beberapa waktu sebelum kami mengeksekusi desain yang kami tentukan. obrolan singkat di tongkrongan soal bagaimana sebuah karya seni berupa desain nobodycorp tidak hanya bertebaran di sosial media saja, namun menjadi menarik perhatian ketika itu hadir di tengah publik berupa benda fungsi yang terus bergerak.  




dengan kemampuan ilmu cetak-mencetak alias nyablon yang saya dapat secara otodidak dari berbagai sumber, maka berani mencoba berani gagal adalah aset dan modal utama untuk tidak selalu puas dengan hasil yang saat ini sudah saya kerjakan.